Perkembangan teknologi yang sangat cepat membawa perubahan besar terhadap kehidupan bisnis dan marketing. Ditambah kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa perubahan besar tersebut terjadi dan semakin cepat terjadi. Kondisi ini sangat berdampak pada bisnis dan model pemasaran yang digunakan. Pembatasan sosial membuat semua aktivitas dilakukan secara online dan sangat bergantung pada digital. Hal ini membuat perusahaan digital dan social media agency banyak dicari oleh perusahaan besar untuk menjalankan dan meningkatkan pemasaran produk mereka. Digital marketing menjadi tools yang sangat diandalkan di masa sekarang ini dan untuk ke depannya. Melihat situasi ini, kamu harus terus update dengan perkembangan dunia digital dan mengetahui 5 kunci trend digital marketing di tahun 2021 ini.
Social Media to Engage & Retain
Perusahaan harus siap dalam menggunakan sosial media sebagai alat marketing pada tahun 2021 ditambah dengan kondisi pandemi seperti ini. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di Amerika, selama musim dingin tahun 2020 di Amerika Serikat, anggaran untuk marketing melalui sosial media naik sebanyak 13% dari 24% dari total anggaran pemasaran selama periode Q2 pada tahun 2020 kemarin. Hal ini diprediksi akan terus meningkat dan berlanjut selama tahun 2021. Masa pandemi membuat banyak orang menghabiskan waktunya untuk online, termasuk untuk mencari tahu tentang sebuah produk, merek, perusahaan dan organisasi. Peningkatan pengguna media sosial memberikan peluang besar bagi dunia digital marketing untuk memperluas jangkauan perusahaan kamu dengan audiens baru dan tetap terhubung dengan pelanggan lama. Sosial media menjadi media yang tepat untuk memasarkan, mengembangkan konten, memposting produk, meminta feedback dan lainnya yang bisa meningkatkan dan menjaga bisnis kamu agar tidak hilang kalah bersaing di pasar.
All-in pada Google Listing dan SEO Lokal
Kalau kamu memiliki usaha kecil atau baru ingin mendirikan usaha kecil, segera daftarkan usaha kamu untuk diverifikasi sehingga dapat ditemukan di berbagai platform pencarian. Daftarkan usaha atau perusahaan kamu dalam Google maps, Google My Business yang menyediakan tempat agar kamu bisa berbagi informasi tentang usaha yang sedang kamu buat. Mulai dari bidang apa perusahaan kamu bergerak, jam kerja, hari kerja, alamat, nomor yang bisa dihubungi, email, dan lainnya. Semakin banyak orang yang mencari tentang perusahaan kamu di Google, maka semakin besar juga kemungkinan nama perusahaan kamu berada di pencarian atas akan semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa SEO untuk menulis sebuah artikel yang update dengan keyword khusus untuk meningkatkan rangking brand perusahaan kamu berada di pencarian atas Google.
Meningkatkan Komunikasi yang Available
Menurut McKinsey, ketersedian produk dan servis yang diberikan oleh penjual menjadi alasan utama tentang kesetian pelanggan pada suatu produk, brand atau perusahaan. Saat ini para pelanggan sudah lebih pintar dan lebih kritis dalam membandingkan suatu produk satu dan produk lainnya. Karena itu, skill komunikasi dari customer service yang baik bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap sebuah perusahaan. Saat ini email marketing menjadi cara tercepat untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga kamu bisa memberi informasi tentang produk baru, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan produk secara otomatis melalui pesan teks atau email.
Automated Bidding di Google Ads
Dengan Google Ads, kamu memang selalu harus menyesuaikan campaign, keyword dan tawaran untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat melakukan pemasaran. Semakin besar jumlah yang kamu bayar untuk Google Ads, maka akan semakin lebih banyak jam tayang dan rech yang bisa kamu dapatkan untuk memasarkan produk Anda. Dengan menggunakan automated bidding pada Google Ads, memungkinkan Google untuk mengotomatiskan langkah untuk menyesuaikan bid atau tawaran kamu secara real-time. Saat ini menggunakan bidding otomatis sudah bukan hal yang baru lagi, bahkan terjadi peningkatan pada tahun lalu, dan diprediksi akan tetap bertahan menjadi sebuah trend selama tahun 2021 ini.
The Power of Voice Search
Saat ini voice Search atau penelusuran suara merupakan salah satu hal yang sedang trend, lho! Meskipun sudah bukan termasuk dari algoritma Google lagi, namun masih digunakan untuk menentukan hasil pencarian hingga saat ini. Voice search queries memang sering memberikan hasil yang berbeda dibandingkan jika kamu menggunakan penelusuran berbasis teks. Karena itu untuk SEO saat ini, ada baiknya jika perusahaan mulai beradaptasi dengan komponen penelusuran suara, karena sudah banyak konsumen yang menggunakan fitur ini. Menurut para ahli di bidang voice search, konten harus bisa dioptimalkan secara spesifik khusus untuk penelusuran suara. Karena itu kata kunci harus lebing langsung dan komunikatif, sehingga akan memberikan hasil yang lebih akurat untuk disinkronkan dengan permintaan pencarian. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan traffic dengan tetap relevan dan lebih terlihat oleh konsumen.