Bisnismu Belum Punya Akun TikTok? Bikin Sekarang Sebelum Terlambat! | SevenAds

Setiap platform media sosial memiliki perjalanan naik-turunnya masing-masing. Perjalanan ini tentunya dipengaruhi oleh masyarakat sebagai penggunanya. Tapi, perjalanan naik-turun suatu platform media sosial juga dapat mempengaruhi kita yang memiliki bisnis.  

Menurut data dari Databoks.katadata, TikTok telah diunduh sebanyak hampir 1 miliar kali sepanjang tahun 2020. Berdasarkan sumber yang sama, TikTok berarti sudah diunduh lebih dari 2 miliar kali di dunia. Data ini mendukung fakta bahwa 2020 merupakan tahun dimana TikTok sangat diminati oleh seluruh masyarakat di dunia.

Meskipun aplikasi yang berdiri tahun 2016 awalnya dianggap sebagai ladangnya konten santai dan bercanda, kini TikTok dapat dijadikan sebagai salah satu platform penunjang bisnis. Mengapa demikian?

Konten Kreatif 

Konten-konten yang tersebar di TikTok sangat beragam jenisnya. Konten bisa dibuat lucu, bercanda, informatif, dan persuasif. Isi konten juga bisa hanya berupa video atau ditambahkan dengan lagu dan tulisan. Hal ini tentunya didukung dengan adanya filter dan efek yang beragam.

Konten TikTok juga mendukung untuk memaparkan langkah-langkah melakukan sesuatu, seperti memasak, make up, dan merakit barang. Selain itu, konten TikTok juga bisa digunakan untuk bercerita, loh! 

Sumber gambar: later.com

Baca juga: Konten Tiktok Kok Gampang Viral?! Pelajari Algoritma nya Yuk!

Konten Berdurasi Singkat

Kabarnya, TikTok sedang melakukan uji coba perpanjangan durasi video yang semula 1 menit menjadi 3 menit. Sejauh ini, belum ada informasi resmi yang menyatakan apakah TikTok akan melanjutkan rencana tersebut. Meskipun pro dan kontra tentang pembaharuan ini ramai di kalangan masyarakat, video TikTok yang lebih singkat dibanding platform-platform besar lainnya seperti Youtube dan Instagram memang menjadi ciri khasnya.

Dengan waktu yang singkat, pengguna TikTok didorong untuk membuat konten sekreatif mungkin dalam waktu yang terbatas. Hal ini bisa digunakan untuk membicarakan produk kamu, loh! Selain audiens tidak butuh berlama-lama menyaksikan informasi tentang produk kamu, konten kreatif dan lucu juga akan menarik untuk ditonton. 

Challenge

Challenge merupakan salah satu budaya TikTok. Biasanya, challenge dibuat dengan dua video berjejeran yang saling melengkapi satu sama lain. Challenge bisa dibuat untuk membuat penggunanya sama-sama menari, bernyanyi, bercakap atau sekedar menjawab pertanyaan. Langkah ini sangat cocok untuk membangun hubungan interaktif dengan audiens. 

Sumber gambar: Youtube Best Tiktok Compilations

Trending

Alasan lain mengapa kamu harus mulai aktif di TikTok untuk bisnismu adalah fitur trending. Konten apapun yang dibuat, baik itu sekedar video promosi atau challenge, kamu bisa melengkapinya dengan hashtag. Hal ini juga sangat membantu apabila bisnismu sedang ingin mengenalkan suatu kampanye.

Sumber gambar: later.com

Dengan fitur ini, apabila semakin banyak akun yang menonton konten bisnis yang kamu buat, maka akan semakin besar potensinya untuk menjadi trending. Tentunya, hal ini akan semakin meningkatkan promosi. 

Selain langkah-langkah di atas, kamu juga bisa klik disini untuk konsultasikan ide bisnis kamu dengan SevenAds!

%d bloggers like this: