Bisnis Kecil mau Berkembang? Berikut Tips Ampuhnya! | SevenAds

Kira-kira apa yang kamu sering lihat di Instagram dalam beberapa waktu terakhir? Mungkin ada yang sering melihat video lucu, foto keluarga, foto binatang peliharaan, ataupun foto selfie.

Sumber : Google

Tetapi apakah kalian pernah melihat postingan dari bisnis-bisnis atau usaha-usaha kecil? atau bahkan mereka tidak menggunakan Instagram dalam usaha mengembangkan bisnisnya.

Banyak dari mereka yang memiliki bisnis kecil tidak menyadari betapa berperannya platform Instagram dalam proses pengembangan suatu bisnis di jaman sekarang.

Yuk kita berbicara soal bagaimana memanfaatkan Instagram agar optimal dan efektif mengembangkan bisnis kecil yang sedang di rintis.

Tips ampuh mengembangkan bisnis kecil

1. Cari, Follow, dan Berinteraksi dengan calon konsumen ideal

Mencari calon konsumen bukanlah hal yang sulit di Instagram. Kamu hanya perlu mencari akun bisnis yang serupa dengan bisnismu, karena bisa di pastikan bahwa para pengikut akun tersebut memiliki potensi ketertarikan akan bisnis yang kamu miliki juga.

Sumber : Google

Kamu hanya perlu memfollow orang-orang tersebut, tetapi satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua yang kamu follow akan mem follow back kamu, tapi tentunya beberapa orang akan follow back.

Yang terakhir, kamu bisa mulai berinteraksi dengan me like, mengomentari postingan orang-orang tersebut untuk menambah kedekatan dengan para followers.

2. Membuat konten yang disukai oleh target audiens

Kamu sudah mengetahui siapa saja yang menjadi target audiensmu, tapi apakah kamu tahu konten apa saja yang disukai mereka?

Sumber : Google

Jika belum, ini saatnya untuk meriset. Kamu bisa meriset dengan melihat akun-akun dengan bisnis serupa dengan bisnismu dan melihat contoh postingan mereka serta memperhatikan konten apa saja yang paling di minati oleh para audiens.

3. Posting foto atau konten dengan kualitas gambar yang tinggi

Jangan khawatir, kamu tidak harus memiliki kemampuan fotografi yang tinggi ataupun kamera mahal untuk mendapat hasil yang baik untuk postinganmu. Cukup dengan kamera smartphone saja kamu sudah bisa mendapat hasil yang bagus.

Sumber : Google

Berikut beberapa tips untuk mendapat hasil kamera yang bagus dan baik:

  • Gunakan pencahayaan alami, jika di luar ruangan kamu bisa coba foto saat sedang pagi hingga siang hari, dan jika kamu berada di dalam ruangan kamu bisa membuka jendela.
  • Jangan gunakan kamera belakang, gunakanlah kamera depan untuk resolusi gambar yang baik.
  • Edit fotomu agar lebih menarik, tetapi jangan gunakan filter di Instagram, gunakanlah aplikasi edit foto agar lebih terlihat profesional

4. Menawari promo menarik

Jika kamu memiliki bisnis yang menjual barang dan produk, kamu bisa menarik perhatian target audiens dengan memberikan promo-promo menarik ataupun diskon besar.

Sumber : Google

Cara ini sudah terbukti ampuh, karena orang-orang kebanyakan di jaman sekarang sangat menyukai yang namanya promo dan penawaran akan potongan harga. Akan besar peluangnya mereka tertarik untuk mengikuti akunmu.

5. Buat home profilemu lebih terkonsep

Untuk membuat branding yang kuat di Instagram, salah satunya yaitu dengan membuat feeds profile mu lebih bertema. Kamu bisa menggunakan warna yang sama, ataupun selalu menaruh elemen-elemen khas yang selalu ada di setiap postinganmu.

Sumber : Google

Itu akan menambah kesan profesional dan audiens pun akan mudah teringat dengan akunmu karena profil yang tematik tersebut

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan buat kalian para pebisnis yang baru saja merintis. Semoga bisa bermanfaat dalam pengembangan bisnis kalian.

Untuk lebih mengoptimalkan instagram sebagai sarana bisnismu kamu bisa klik disini

%d bloggers like this: