Belajar Bisnis dari Drama Korea Start Up | SevenAds

Drama korea start up yang sangat hangat diperbincangkan di kalangan korea lovers, seperti menceritakan perjuangan anak muda mengejar mimpi mulai banyak bermunculan. Setelah drama korea Itaewon Class, drama terbaru start-up jangan sampai tidak kalian tonton. Tidak hanya terfokus pada cerita romantic, namun banyak sekali pelajaran tentang dunia bisnis  yang dapat diambil dan tantangan anak muda dalam menghadapi persaingan. 

Drama korea ini diperankan oleh sederet pemain papan atas ternama seperti Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho dan Kang Ha Na ini sukses menjadi salah satu drama korea favorit di tahun 2020. Istilah-istilah umum yang digunakan pada dunia bisnis dan investasi seperti angle investor, round investor dan cold mail juga ditampilkan untuk menambah wawasan para penikmat drama lho. Yuk, simak pelajaran yang dapat kamu tiru untuk bisnis kamu!

Lihai dalam melihat peluang bisnis

Karakter Ji pyeong di drama Start-Up adalah seorang investor muda yang sukses ‘melek’ investasi saham saat masih berada di bangku sekolah. Dalam menginvestasikan sahamnya, ia tidak sembarangan memberikannya, memerlukan proposal perusahaan rintisan yang jelas dan dapat menghasilkan income bagi perusahaanya. 

Dalam memulai bisnis kemampuan melihat peluang serta kelihaian dalam mengeksekusi merupakan dua hal yang harus berjalan beriringan. Seperti contoh, tidak hanya sekadar membangun bisnis yang sedang trend saja, rencana bisnis jangka panjang juga jangan sampai terlewat. Karena biasanya memulai bisnis sesuai trend tidak berlangsung lama dikarenakan sudah mulai ditinggalkan atau sudah terganti dengan tren yang baru

Merancang business plan perusahaan 

Samsan Tech yang dimiliki Nam Do San (Nam Joo Hyuk) dan temannya sudah berdiri tiga tahun lamanya. Namun, tidak kunjung menghaslkan keuntungan. Hal ini dikarenakan mereka tidak membuat business plan dengan jelas dan hanya mengandalkan program AI yang mereka ciptakan. 

Didalam bisnis jangan hanya mengandalkan sebuah produk yang dapat dijual namun, juga rancangan bisnis yang cermat. Apalagi bila memerlukan investor, hal seperti penghasil yang didapat merupakan salah satu pertimbangan penting bagi investor dalam memberikan modalnya. 

Mencari rekan bisnis untuk mendukung ide bisnis

Perusahaan Nam Do San (Nam Joo Hyuk) selalu mencari investor untuk memberikan modal untuk usahanya. Namun, Samsan Tech hampir kecolongan ide bisnisnya dicuri oleh tim yang mengaku sebagai investor dan belum melakukan perjanjian bisnis. 

Hal ini dapat dijadikan pelajaran yakni hindari memberikan ide bisnis pada pihak yang tidak terlibat dalam membangun bisnismu dan jangan mudah percaya kepada siapapun dalam dunia bisnis. Karena bisa saja ide yang sudah kamu ciptakan akan mudah ditiru saat kamu belum merealisasikannya. Bangun kepercayaan tersebut kepada tim yang ikut membantu dalam merintis usaha. 

Mempunyai mentor dalam berbisnis

Memiliki orang yang ahli dan lebih paham dalam dunia bisnis sangat diperlukan karena pendapat dan pandangan mentor bisnis sangat diperlukan agar perusahaan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Sering kali, para pembisnis pemula hanya mengandalkan kepercayan sendiri dan bertindak gegabah saat bisnisnya mulai menghasilkan keuntungan. 

Peran seorang mentor adalah untuk memberikan masukan dan nasihat mengenai langkah yang akan diambil oleh seorang pembisnis untuk menghindari terjadinya kesalahan. Pendapat mentor ini berdasarkan pengetahuan  dan pengalaman yang ia miliki. Jadi bisnis kalian akan terus berjalan dengan baik dan kokoh.

Memiliki tim yang satu visi dan misi 

Kepercayaan dan fondasi sebuah tim harus kuat sehingga mendatangkan visi dan misi yang sama dan sikap saling percaya merupakan modal utama membangun bisnis. Membangun sikap saling percaya melalui komunikasi yang baik, menerima pendapat dan serta mencari solusi bersama dalam menyelesaikan masalah merupakan angkah awal dalam pembentukan fondasi tim. Karena kedepannya akan banyak perbedaan pendapat dan kesalah pahaman yang harus dilalui bersama. 

Hal diatas adalah beberapa pelajaran yang dapat kalian ambil dari drama korea Start-Up. Drama korea ini tidak hanya fokus pada romance namun memberikan pengetahuan dasar mengenai dunia bisnis yang sayang kamu lewatkan!

%d bloggers like this: