Belajar Bisnis dan Dunia Digital Lewat Drama Korea Itaewon Class | SevenAds

Melihat dari cover-nya saja kalian pasti sudah mengenalnya kan? Yupp, salah satu drama korea yang hits di awal tahun 2020 ini berhasil mencuri perhatian banyak orang lhooo bukan hanya dari kalangan yang menyukai kdrama.

Drama yang dikisahkan tentang seorang pemuda bernama Park Sae Royi ini memiliki banyak nilai/value yang dapat mengubah perspektif bahkan para penontonpun dapat belajar banyak hal dari drama ini.

Salah satu yang dapat kita pelajari di drama Itaewon Class ini adalah cara berbisnis dan pemanfaatan dunia digital untuk melakukan berbagai promosi sehingga bisnis kita dapat berkembang secara signifikan.

Penasaran? Yuk kita ulas satu-satu.

1. Mengikuti Trend dan Menyesuaikan Target Pasar

Dalam drama Itaewon class, diceritakan bahwa Park Sae Roy-I yang sebelumnya adalah mantan narapidana dan berhasil membuka café/bar bernama Dan Bam di daerah Itaewon Class, yaitu salah satu daerah elite yang ada di Korea Selatan.

Pada awal dibukanya Dan Bam ini, restoran yang dimiliki oleh Park Sae Roy-I ini terbilang gagal karena ketidakmampuan Sae Royi dalam  bisnis marketing, kemudian diceritakan seorang bernama Yi Seo, gadis muda yang membantu Sae Royi untuk membangun bisnisnya.

Dimulai dari perubahan total fisik café Dan Bam menjadi instagramable, dimana mayoritas pelanggan yang lalu lalang di daerah Itaewon adalah kaum elite sehingga diubahlah Dan Bam yang awalnya lusuh, menjadi café yang Instagramable.

Nah dari sini kamu bisa belajar untuk memahami target pasar kamu sesuai dengan lokasi bisnis ataupun target market yang sesuai dengan produk/jasa mu, Selain itu pelaku bisnis juga harus dinamis mengikuti trend karena masyarakat lebih condong mengikuti trend yang terus berubah-ubah agar tidak ketinggalan jaman dan tetap up-to-date.

2. Mempromosikan Bisnis Melalui Influencer

Nahhh, kalau ini relate banget sama drama Itaewon Class. Yi Seo yang merupakan seorang influencer dengan pengikut yang banyak memanfaatnya teknik marketing dengan baik! Yapp benar, dengan mengunggah dirinya dan restoran Dan Bam serta memberikan review yang baik lalu kemudian di post di Instagram.

Daya tarik dari Yi Seo yang merupakan influencer itu berhasil menarik banyak pelanggan baru ke Dan Bam bahkan awareness akan keberadaan restoran itupun naik pesat.

Influencer Marketing di dunia modern ini menjadi salah satu teknik marketing yang sangat efektif dan efisien, karena memiliki pengaruh yang besar dan pengikut yang besar pula maka influencer dapat mengait banyak audiens dalam sekali post sehingga menambahkan awareness audiens terhadap keberadaan brand yang di promosikan oleh influencer tersebut.

Namun, ingat ya dalam memilih influencer yang tepat kamu harus mempertimbangakan brand image influencer dan brand image bisnismu sesuai, agar influencer marketing yang kamu lakukan tepat sasaran!

3. Pentingnya Menjalin Interaksi dengan Customer

Pada poin ke-3 ini juga penting bangettt untuk memajukan bisnismu lho! Pastikan untuk selalu aktif dan menjalin interaksi yang intens dengan customer sehingga customer memiliki tingkat loyalitas yang tinggi terhadap brand anda.

Dalam drama Itaewon Class, sesekali Yi Seo melakukan Live Streaming bersama karyawan di Dan Bam dengan para audiens. Sehingga audiens merasakan kedekatan yang tentunya akan menciptkan loyalitas yang tinggi terhadap brandnya.

Kamu dapat menerapkan dengan aktif di media sosial dan selalu melakukan Call To Action atau meminta followers berkomentar/berinteraksi. Kamu dapat juga melakukan hal-hal lainnya seperti cepat tanggap dalam mengatasi complain dari customer, memperbanyak konten engagement, dan membangun komunitas bersama customer.

4. Investasi Kepada Karyawan

Tidak jarang muncul masalah yang berkaitan dengan karyawan di Drama Itaewon Class ini. Namun alih-alih memecat ataupun memberi surat peringat, Park Sae Roy-I memilih untuk memberikan kesempatan dan menjadi pemimpin yang baik dengan terus menyemangati dan memfasilitasi karyawan yang dipercaya untuk dapat terus berkembang membangun bisnisnya.

Siapa sangka? Karyawan-karyawan yang bermasalah itupun menjadi perisai bahkan mendorong bisnis Dan Bam ini menjadi naik pesat hingga mendirikan perusahaan dan franchise ke berbagai negara Asia serta mampu menjadi penguasa market.

Sebagai pelaku bisnis, anda pun dapat menerapkan hal ini! selalu menyemangati dan memfasilitasi karyawan anda untuk terus berkembang yang tentunya dikemudian hari akan menjadi asset bagi perusahaan anda.

5. Mempromosikan Bisnis Tak Cukup Hanya dengan Satu Media Online

Tentu, anda harus menentukan platform apa saja yang efektif dan tepat untuk mempromosikan bisnis anda. Namun, anda pun harus memaksimalkan berbagai platform yang ada untuk terus meningkatkan awareness dan mengait lebih banyak audiens.

Kamu dapat menggunakan dua media online sekaligus atau bahkan lebih, di era digital saat ini akan lebih efektif jika anda meng-kolaborasikan berbagai media online menjadi satu. Contohnya anda dapat membangun awareness di media online seperti Instagram dan Facebook kemudian melakukan promosi di google dengan google Ads.

Nahhhh itu dia 5 hal yang dapat kamu pelajari seputar bisnis dan dunia digital dalam drama korea Itaewon Class. Menarik bukan? Apakah anda siap untuk memulai bisnis dan menerapkan 5 hal tersebut?

Jika anda kesulitan, dan memiliki pertanyaan seputar bisnis dan dunia digital atau anda bingung untuk memulai promosi/marketing dengan cara seperti apa? Kami siap menjadi partner anda dalam memaksimalkan bisnis anda dan tentunya bertumbuh bersama. Jika ya, silahkan hubungi kami disini. Kami akan senang hati membantu anda!

Selamat mencoba~

%d bloggers like this: