Algoritma Instagram Terbaru Buat Bisnismu Jadi Kacau, Mitos Atau Fakta? | SevenAds

Social Media? Rasanya sudah tidak asing lagi di telinga setiap lapisan masyarakat. Apalagi, kini banyak pebisnis yang mengandalkan media sosial sebagai sarana transaksi jual beli mereka, mungkin termasuk kamu?

Dari sekian banyak media sosial, Instagram merupakan salah satunya yang paling banyak dimanfaatkan sebagai transaksi berbisnis. Pasalnya, instagram dinilai cukup menarik sebagai platform bisnis karena dapat menyuguhkan visual berupa foto ataupun video.

Namun, sayangnya kini banyak pengguna Instagram yang mengeluh tentang algoritma Instagram yang kini tengah berlaku. Pasalnya, media sosial besutan Kevin Systrom itu kini memiliki algoritma yang cukup pelik dengan dihadirkannya fitur shadowban. Nah loh, apa itu shadowban?

Baca juga: Buat Bisnis Banjir Orderan, Manfaatkan 5 Jenis Iklan Ini di Google

Shadowban 

Shadowban merupakan salah satu ‘sanksi’ yang diberlakukan untuk pengguna akun instagram dengan bantuan bot. Shadowban memiliki sistem kerja dengan mengurangi follower, like hingga viewer pada akun instagram.

Kok bisa? Jadi, shadowban akan bekerja jika sering menggunakan hashtag berulang dan memakai hashtag yang dilarang oleh Instagram. Jadi, jangan heran jika akun bisnismu memiliki penuruan follower ataupun like, bisa jadi kamu menggunakan hashtag yang sama secara terus menerus.

Hanya memunculkan postingan di timeline ke 10% pengikut

Selain shadowban, algoritma Instagram yang cukup membuat pebisnis kebakaran jenggot yaitu Instagram hanya memunculkan postingan terbarumu ke 10% dari pengikutmu. Hal inlah yang membuat engangement akun Instagrammu menurun.

Baca juga: Bisnismu Belum Punya Akun Tiktok? Bikin Sekarang Sebelum Terlambat

Komentar juga ada aturannya!

Tidak hanya di dunia nyata, ternyata di dunia Instagram pun berkomentar ada aturannya. Jadi, jika kamu membalas komentar yang ada di postinganmu, maka jangan sekali-kali membalasnya dalam kurun waktu lebih dari satu jam. Ditambah lagi, jika sudah berkomentar jangan coba-coba untuk mengeditnya.

Kenapa? Jika kamu melakukan hal-hal tersebut, maka akun Instagram-mu akan dianggap bot sehingga akan terkena shadowban oleh Instagram. Jadi, mulai sekarang sebelum membalas komentar harus dipikir dahulu sebelum mempostingnya yaa!

Itulah beberapa efek dari algoritma Instagram terkini. Sebetulnya, bisnismu tidak akan terganggu jika kamu mengenali algoritma Instagram dengan baik. Jika kamu tidak ingin terkena efek shadowban, kamu bisa memaksimalkan fitur IG Story sebagai opsi mempromosikan bisnismu.

Namun, jika kamu masih merasa kesulitan, kamu bisa mengkonsultasikan bisnismu dengan cara klik di sini.

%d bloggers like this: