8 Faktor yang Mempengaruhi Cost Influencer | SevenAds

1. Social Media Platform

Beberapa influencer mungkin mengenakan tarif yang sama untuk jenis tulisan yang sama tidak peduli di mana platform mana yang akan digunakan, tetapi kemungkinan besar tarifnya akan bervariasi. Lagi pula, setiap platform media sosial memiliki tipe audiens yang berbeda dan sumber daya pembuat juga bervariasi, dari platform ke platform.

2. Influencer Reach

Reach adalah berapa banyak orang yang dipengaruhi influencer dari platform mereka. Ini sebagian besar didasarkan pada berapa banyak pengikut atau pelanggan yang dimiliki influencer dan berapa banyak yang memiliki potensi untuk dijangkau. Lebih sering daripada tidak, semakin banyak pengikut yang dimiliki influencer, semakin tinggi nilainya.

3. Engagement

Anda akan menemukan bahwa tingkat influencer berfluktuasi berdasarkan pada seberapa banyak engagement yang dihasilkan influencer pada konten organik mereka yang disponsori. Anda mungkin berpikir bahwa influencer dengan lebih banyak pengikut akan mendapatkan tingkat engagement yang lebih baik, tetapi biasanya tidak demikian.

Perhatikan baik-baik seberapa besar audiens benar-benar terlibat dan berinteraksi dengan konten mereka. Semakin banyak pengikut mereka yang terlibat, semakin baik pesan Anda.

4. Industri atau Spesialisasi Influencer

Tentunya, Anda akan ingin menemukan influencer yang berspesialisasi dalam industri tempat Anda berada. Maukah Anda memercayai influencer kebugaran yang tiba-tiba mulai berbicara tentang layanan keuangan, terutama jika mereka tidak pernah begitu banyak mengisyaratkan bahwa keuangan adalah minat milik mereka sebelumnya? Relung populer (kecantikan dan kebugaran, misalnya) akan memiliki lebih banyak influencer yang tersedia dan harganya kemungkinan akan lebih rendah daripada relung dengan influencer yang tersedia lebih sedikit.

Anda juga dapat melihat industri yang disukai oleh audiens influencer untuk memastikan bahwa masuk akal untuk merekrut mereka untuk merek Anda.

5. Jenis Konten

Jenis konten yang Anda minta influencer untuk membuat juga akan berdampak pada harga. Ini karena influencer perlu menghabiskan waktu, energi, dan sumber daya untuk membuat konten dan berbagai jenis konten memerlukan hal yang berbeda. Ini termasuk pertimbangan seperti berapa banyak konten yang perlu dipengaruhi influencer dan apakah mereka atau Anda akan menyediakan sumber daya yang diperlukan. 

Semakin banyak upaya yang diperlukan untuk membuat konten yang Anda minta, semakin banyak yang Anda harapkan biayanya.

6. Hak Penggunaan

Jika Anda berencana untuk menggunakan kembali konten influencer (retweet), pastikan untuk membahasnya terlebih dahulu dan uraikan ketentuan dalam kontrak influencer. Beberapa akan membebankan biaya lebih banyak untuk konten yang akan digunakan kembali. Pikirkan setiap penggunaan sebagai produk individual — setelah Anda menggunakan produk tersebut dengan meminta influencer memposting video tentang merek Anda ke akun Instagram mereka, Anda tidak memiliki produk yang tersisa untuk digunakan dalam iklan Facebook Anda.

7. Eksklusivitas

Influencer menghasilkan uang dengan mempromosikan berbagai bisnis. Mungkin saja Anda dapat memilih influencer yang juga ingin digunakan pesaing Anda. Dalam situasi ini, Anda mungkin ingin meminta influencer untuk menandatangani perjanjian non-bersaing atau klausul eksklusivitas dengan kontrak influencer mereka yang akan melarang mereka mempromosikan pesaing untuk periode waktu tertentu. Tetapi, Anda sebaiknya bersiap untuk membayar. Agak sedikit juga, karena pada dasarnya Anda meminta mereka untuk memberikan penghasilan potensial lainnya.

Jadi kesimpulannya, setiap influencer memiliki rate yang berbeda dengan kualifikasi yang berbeda pula. Saat ingin bekerjasama dengan influencer jangan lupa perhatikan 7 faktor diatas agar influencer yang dipakai tepat sasaran.

Jika anda bingung dan ingin bekerjasama dengan influencer, silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: