6 Platform Digital Yang Dapat Membantu Tingkatkan Penjualan | SevenAds

Untuk meningkatkan penjualan tentunya tidak mudah karena jika brand Anda tidak terkenal dan tidak di percaya maka peningkatan penjualan itu dapat dikatakan mustahil, oleh karena itu maksimalkan dan optimalkan penggunaan platform digital agar brand kamu dapat lebih dikenal keberadaannya oleh masyarakat luas.

Yuk mari kita bahas platform digital apa saja yang dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaanmu beserta karateristik, kelebihan dan cara mengukur efektivitas penggunaannya yaitu:

1. Instagram

Pemasaran menggunakan platform Instagram adalah yang paling efektif untuk produk-produk fashion dan lifestyle yang banyak menggunakan konten gambar dan video. Instagram banyak sekali digunakan oleh online shop karena mereka dapat dengan mudah memajang barang dagangan secara mudah kepada jutaan pelanggan.

Instagram juga memungkinkan pebisnis untuk berkampanye melalui cerita (storytelling) melalui posting dan InstaSory. Mirip dengan fitur targeted ads Facebook, sponsored post dan story Instagram memugkinkan pebisnis untuk secara proaktif untuk menawarkan produk dan layanannya kepada pengguna Instagram dengan kelompok demografis tertentu. Tingkat efektivitas kampanye pemasaran di Instagram dapat diukur berdasarkan jumlah impression, like, dan komentar.

2. Google Search Engine Optimization (Google SEO)

Google merupakan kanal yang pas untuk dioptimisasi apabila sasaran yang hendak kita jangkau adalah kelompok audiens yang sudah mengetahui jenis produk / layanan yang mereka perlukan, tetapi tidak tahu ke mana harus mencari dan membeli.

Contohnya adalah layanan pembuatan logo atau properti. Calon pembeli atau pengguna layanan biasanya sudah mengetahui kata kunci yang akan mereka masukkan ke dalam mesin pencari Google, untuk itu, yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah mengupayakan agar tautan produknya muncul sebagai hasil teratas pada kata kunci tersebut.

Efektivitas SEO yang sudah dilakukan dapat diukur melalui ¬jumlah klik dan konversi ke leads atau penjualan.

3. YouTube

YouTube menghadirkan kesempatan yang luas bagi pemilik bisnis untuk bercerita melalui konten video, baik melalui iklan, maupun posting video di kanal YouTube. Karakteristik YouTube yang fleksibel memungkinkan pebisnis untuk menyampaikan konten dengan durasi yang beragam, sesuai dengan kebutuhan produk atau layanan yang ditawarkan.

Kampanye pemasaran melalui YouTube dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu YouTube Ads (iklan) dan kanal YouTube milik sendiri. Untuk YouTube Ads, pebisnis perlu memastikan bahwa video iklan yang hendak ditampilkan berdurasi singkat dan mampu mewakili merek tersebut secara keseluruhan.

Iklan dengan durasi pendek juga lebih efektif untuk mengurangi tingkat skip ads. Untuk kampanye pemasaran melalui kanal YouTube milik sendiri (perorangan atau merek), pebisnis perlu berfokus untuk membuat konten yang spesifik dan terfokus. Frekuensi posting video juga perlu diperhatikan agar konsisten, misalnya mingguan atau bulanan.

4. Twitter

Jenis media sosial yang satu ini berbasis micro blogging dengan konten yang terbatas, hanya 140 karakter per cuitan. Namun keterbatasan ini dapat menjadi kelebihan apabila pebisnis mampu menyusun strategi konten yang tepat, baik berupa cuitan tunggal maupun dengan thread.

Twitter menjadi sarana yang efektif bagi pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan target konsumen secara cepat, atau hendak berbagi opini tentang topik-topik yang sedang hangat dibahas. Twitter juga dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan, mengadakan polling dan berdiskusi dengan followers.

Salah satu bisnis yang cocok adalah platform berita yang ingin membagikan informasi secara cepat kepada pembaca, Twitter bisa menjadi platform digital yang tepat. Tingkat efektivitas kampanye pemasaran di Twitter dapat diukur dari jumlah reply, retweet¸likes, dan jumlah follower akun tersebut.

5. Facebook

Karakteristik Facebook dengan fitur Targeted Advertising-nya memungkinkan pemilik bisnis online untuk menyasar kepada audiens dengan demografis tertentu, misalkan berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, lokasi dan minat. Fitur ini tepat untuk secara proaktif menawarkan produk atau layanan kepada konsumen potensial dengan menciptakan kebutuhan ataupun membangun “awareness”  konsumen potensial terhadap produk atau layanan baru yang ingin diperkenalkan.

Komunikasi dua arah yang ada pada Facebook memungkinkan pebisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens, sehingga memungkinkan terjadinya engagement. Tingkat efektivitas kampanye pemasaran melalui Facebook dapat diukur berdasarkan tingkat engagement yang dilihat dari jumlah impression, like, share dan komentar.

6. Email pemasaran

Email pemasaran merupakan kanal yang unik, karena audiens yang menerima email berisi konten pemasaran merupakan orang-orang yang secara aktif memilih untuk menerima konten yang akan dikirimkan sehingga penerima adalah orang-orang yang memang tertarik untuk mengetahui informasi mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Email marketing yang efektif akan sangat bermanfaat untuk menggiring pembaca untuk masuk ke halaman web produk untuk informasi yang lebih lengkap.

Namun demikian, perlu diperhatikan agar tidak menggunakan terlalu banyak gambar dan tautan, karena Google dapat mendeteksinya dan mengklasifikasikan email tersebut sebagai spam. Untuk menyiasatinya, pebisnis dapat menggunakan template yang lebih personal, sekaligus agar nyaman dibaca. Efektivitas email marketing dapat diukur melalui open & click rate, yaitu banyaknya jumlah pembaca yang membuka email dan mengklik konten di dalamnya.

Nahh, itu dia 6 platform digital yang dapat membantu kamu meningkatkan penjualan perusahaanmu. Setiap platform memiliki karakteristik, fitur, dan pendekatan yang berbeda kepada target audiensnya. Untuk mengoptimalkan perkembangan perusahaan tentunya kamu harus dapat menentukan platform digital yang cocok untuk memasarkan produk/jasamu.

Jika kamu butuh bantuan dalam mempromosikan atau memasarkan brand mu, kamu dapat konsultasikan gratis kepada kami dengan menghubungi kami disini.

%d bloggers like this: