6 Cara untuk Memperkuat Brand Message di Media Sosial | SevenAds

Pesan merek atau Brand messaging adalah salah satu praktik pemasaran media sosial yang paling diremehkan. Dalam lima tahun terakhir, platform media sosial telah  menambahkan setidaknya satu miliar pengguna. Peningkatan konten yang dihasilkan dan kebutuhan untuk membuat umpan yang lebih baik bagi pengguna telah mendorong platform sosial untuk mengurangi  jangkauan organik.

Menurut penelitian, halaman Facebook dengan lebih dari satu juta pengikut hanya mencapai sekitar 2,27% dari yang mengikuti. Brand perlu meningkatkan konten mereka untuk menjangkau target audiens mereka. Sebagai pemasar, Anda tidak bisa hanya mengandalkan cara-cara basic untuk melakukan pekerjaan itu.

Berikut ini adalah daftar enam cara ampuh untuk meningkatkan pesan merek Anda untuk menjangkau target audiens Anda di media sosial.

1. Investasi dalam pemasaran mikro-influencer

Salah satu cara termudah untuk memulai program advokasi media sosial adalah dengan karyawan Anda – yang dapat dilihat sebagai salah satu sumber daya pemasaran B2B perusahaan Anda yang lebih kuat.

Organisasi multinasional besar seperti Adobe dan IBM telah menjalankan program advokasi karyawan dan melihat hasil luar biasa dalam memperkuat janji merek mereka. Bersama karyawan, Anda juga dapat bermitra dengan pelanggan dan mitra yang mungkin tidak memiliki follower banyak, tetapi mampu mengarahkan hasil yang diinginkan.

Orang-orang yang tidak memiliki follower banyak tetapi dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda dapat disebut sebagai pemberi pengaruh mikro atau pendukung merek. Anda dapat membangun program promosi konten yang kuat dengan mengaktifkan mikro-influencer merek Anda.

Mengapa berinvestasi dalam pemasaran mikro-influencer?

1. Hanya 18% orang yang mempercayai influencer merek, sedangkan 92% sisanya mempercayai advokat merek

Perbedaannya – influencer merek sangat populer dan semua orang mengenal mereka. Di media sosial, orang cenderung lebih percaya pada rekomendasi yang dibuat oleh orang lain seperti diri mereka sendiri, daripada yang dibuat oleh influencer populer.

2. Sekitar 89% orang dipengaruhi oleh apa yang dikatakan teman dan keluarga mereka tentang suatu produk

Membuat program advokasi merek

1. Bangun daftar pendukung potensial – karyawan yang antusias, pelanggan yang bahagia, dan orang-orang yang menyebut Anda di media sosial. Jangkau mereka dengan rencana advokasi merek Anda. Anda dapat menawarkan insentif untuk memotivasi orang untuk bergabung dengan program Anda. Ini bisa berupa diskon untuk produk / layanan Anda kepada pelanggan dan mitra, dan hadiah menarik bagi karyawan.

2. Bagikan pedoman khusus untuk mengatur program Anda dan menghubungkan advokat Anda dengan konten Anda.

3. Cari tahu terlebih dahulu bagaimana Anda akan memantau dan melacak program Anda.

Alat dan sumber daya yang dapat membantu

1. Anda dapat menggunakan alat pemantauan media sosial seperti Brand24 untuk mengidentifikasi orang yang berbicara tentang Anda sering di media sosial dan kemudian menjangkau mereka untuk mengubahnya menjadi pendukung merek.

2. Anda dapat menggunakan alat aktivasi advokat seperti Klout untuk meminta pelanggan dan followers Anda untuk mention Anda di media sosial.

3. Anda dapat menggunakan platform advokasi karyawan untuk menghubungkan pengguna Anda ke konten Anda dan memungkinkan mereka untuk membagikannya di sosial.

2. Gunakan platform dan aplikasi distribusi konten

Anda dapat menggunakan platform atau aplikasi distribusi konten media sosial untuk menjangkau lebih luas lagi.

Jaringan distribusi konten teratas untuk meningkatkan jangkauan konten

1. Paid Ads di platform media sosial

Anda dapat membayar untuk menjangkau berbagai audiens Anda di situs media sosial. Namun, penting untuk mempertimbangkan situs mana yang menjadi fokus. Sementara SnapChat memiliki sebagian besar orang yang lebih muda, demografis yang tumbuh terbesar di Twitter adalah orang yang lebih tua. Anda perlu memfokuskan sumber daya Anda pada situs yang menampung target audiens  Anda.

Pertimbangkan juga setiap pemasangan iklan platform media sosial sebelum menempatkan iklan Anda. Misalnya, iklan  di Twitter memadukan latar belakangnya dengan sangat baik, dan merupakan cara yang baik dan tidak mengganggu untuk membagikan konten Anda kepada audiens Anda.

2. Jaringan distribusi konten seperti Klout, DrumUp dan ViralContentBuzz

Anda dapat menyarankan konten Anda pada aplikasi manajemen konten dan amplifikasi seperti Klout, DrumUp, dan ViralContentBuzz. Melakukan ini akan memungkinkan pencari konten lain untuk menemukan dan membagikan konten Anda.

Alat penemuan konten DrumUp memungkinkan Anda mempromosikan konten Anda dengan merekomendasikan kepada audiens yang paling relevan berdasarkan kata kunci yang ditetapkan oleh mereka untuk saran konten. ViralContentBuzz menawarkan amplifikasi konten pengguna dengan imbalan berbagi posting pengguna lain.

Klout menghubungkan target audiens Anda dengan konten Anda, memungkinkan mereka untuk membagikan konten anda.

3. Menyempurnakan posting media sosial dengan visual yang kuat dan menarik

Posting media sosial dengan gambar menerima sekitar 650% lebih banyak engagement daripada posting hanya dengan teks. Otak manusia cenderung lebih tertarik pada visual, dan informasi yang dikomunikasikan secara visual cenderung tetap berada dalam ingatan seseorang lebih lama daripada konsep yang dikomunikasikan secara tekstual.

Tiga jenis visual yang kuat untuk dimiliki pada rencana konten media sosial Anda

1. Infografis – Infografis disukai dan dibagi 3 kali lebih banyak dari jenis konten lainnya.

2. Video – 51% pemasar di seluruh dunia, menamai video sebagai bentuk konten konversi terbaik.

3. GIF – GIF memungkinkan Anda mengekspresikan kepribadian Anda di media sosial. Mereka dapat meningkatkan daya tarik halaman media sosial Anda dan keterlibatan secara keseluruhan.

Alat dan sumber daya yang dapat membantu

1. Alat-alat seperti Visual.ly dan PiktoChart dapat membuat memudahkan Anda untuk membuat infografis untuk halaman media sosial. Mereka bekerja pada format drag-and-drop, membiarkan Anda memilih dari ribuan templat pra-dibuat yang terlihat profesional untuk menyesuaikan konten Anda.

2. PowToon, alat yang dapat menyederhanakan pembuatan video untuk Anda, atau Anda bisa memasang iklan pekerjaan ke freelancer atau situs posting pekerjaan.

3. Anda dapat mencari GIF hebat dari  GIPHY dan GIF Bin.

4. Arahkan ulang konten yang Anda buat dalam berbagai format         

Pembuatan konten adalah proses yang menghabiskan waktu, terutama ketika Anda berniat untuk melakukan penelitian yang luas dan membuat hal-hal yang kaya dan sangat berguna.

Alih-alih melakukan ini setiap kali Anda membuat konten, Anda dapat mengarahkan ulang apa yang Anda buat ke dalam format yang berbeda untuk menjangkau audiens Anda di berbagai platform.

Tiga cara ampuh untuk mengarahkan kembali konten

a. Ubah posting blog Anda menjadi infografis dan distribusikannya di platform media sosial dan direktori infografis.

b. Konversikan posting blog Anda menjadi slide dan unggah ke SlideShare dan lekatkan pada posting blog dan media sosial yang relevan.

c. Buat kumpulan posting blog yang terkait dengan tema dan ubah menjadi e-book..

Alat dan sumber daya yang dapat membantu

1. Anda dapat menggunakan Google Slide untuk membuat presentasi. Aplikasi ini sangat intuitif dan memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda menambah nilai bagi konten Anda

2. Anda dapat menggunakan alat seperti Piktochart atau Visual.ly untuk membuat infografis dari templat yang sudah ada sebelumnya. Anda dapat mendistribusikan infografis yang Anda buat di situs gambar stok seperti Flickr dan Pexels, SlideShare, dan direktori infografis.

5. Investasikan dalam optimasi pencarian untuk memperkuat pesan merek Anda

Menurut Jayson DeMers, ada enam praktik media sosial yang dapat membantu Anda meningkatkan peringkat pencarian Anda:

1. Growing your followers – influencer memiliki visibilitas yang lebih baik di media sosial. Salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk visibilitas adalah ukuran followers mereka

2. Optimizing your social media posts for search- kata kunci tertentu dapat membantu posting media sosial Anda menonjol. Anda juga dapat menggunakan tagar / tag dan @ pada platform sosial yang berbeda untuk mengoptimalkan posting Anda

3. Earning external inbound links – tautan sosial mungkin atau mungkin tidak mempengaruhi peringkat pencarian, pemasar memiliki perspektif yang berbeda tentang konsep ini.

4. Engaging in local conversation – aktif di komunitas lokal dapat menyebabkan visibilitas ekstra di media sosial, dengan cara berbagi dengan bisnis lokal yang saling melengkapi.

5. Driving more social media shares sosial – Larry Kim telah membuktikan bahwa search engine mempertimbangkan sinyal keterlibatan media sosial saat mengindeks konten media sosial

6. Growing your reputation on

 – peningkatan kesadaran merek dapat mendorong lebih banyak pencarian bermerek dan dalam proses tersebut lebih banyak pencarian non-merek

Kiat tambahan untuk meningkatkan SEO media sosial Anda:

1. Buat konten Anda menarik dan bisa dibagi – buat konten Anda dengan mengingat audiens Anda. Pertimbangkan minat, kekhawatiran, dan motivator mereka sebelum Anda memutuskan konten Anda. Anda tidak perlu membuat semua konten, Anda bisa membuat konten berkualitas tinggi yang berguna bagi audiens Anda. Aktifkan juga tombol berbagi media sosial yang relevan.

2. Bangun hubungan di Media Social – Anda hanya sepopuler penggemar setia Anda. Libatkan penggemar Anda dari kick-off dan pertahankan dengan konsisten.

Alat dan sumber daya yang dapat membantu

1. Anda dapat menggunakan KeyWords Google untuk menemukan kata kunci yang sedang dicari

2. Anda juga dapat menggunakan alat pelacakan tagar seperti Hashtagify untuk menemukan tagar terbaik untuk mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian

3. Anda dapat menggunakan alat plug-in sosial seperti SumoMe untuk mengaktifkan berbagi sosial di blog Anda

6. Posting saat audiens Anda aktif dan posting lebih dari satu kali

Ada aturan umum tentang waktu terbaik untuk memposting di setiap platform media sosial, tetapi itu tidak harus diterapkan pada bisnis Anda. Anda dapat menguji setiap platform dengan menjadwalkan satu posting untuk keluar pada waktu yang berbeda pada hari yang berbeda untuk mengidentifikasi kapan Anda cenderung menerima sebagian besar keterlibatan.

Secara umum, orang paling aktif di Facebook pada hari Kamis dan Jumat sekitar sore hari. Posting saran ahli di platform 5-10 kali seminggu.

Demikian pula, setiap platform sosial lainnya memiliki waktu dan frekuensi posting yang optimal yang dapat Anda temukan pada artikel ahli.

Alat dan sumber daya yang dapat membantu

1. Anda dapat menggunakan aplikasi penjadwalan media sosial untuk mengatur posting sebelumnya dan menyederhanakan tugas posting beberapa kali ke halaman media sosial Anda

2. Anda dapat menyimpan konten di kurator konten atau perpustakaan untuk memiliki cadangan konten untuk digunakan saat diperlukan

3. Anda dapat mengidentifikasi waktu terbaik untuk memposting di media sosial

4. Anda dapat menggunakan alat analisis media sosial seperti Quintly atau Google Analytics untuk mengidentifikasi waktu terbaik untuk memposting di halaman media sosial Anda.

Kesimpulan

Dengan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, peluang bisnis Anda dan tantangan untuk mencapai target audiens Anda meningkat. Anda tidak dapat mencapai hasil yang Anda inginkan dengan pendekatan yang sama, tetapi dengan pendukung merek, platform distribusi konten, dan pencarian posting media sosial yang dioptimalkan, Anda dapat meningkatkan jangkauan Anda dan mencapai tujuan pemasaran media sosial Anda.

Untuk meringkas, berikut adalah bagaimana Anda dapat memperkuat pesan merek Anda di media sosial

1. Investasi dalam pemasaran mikro-influencer

2. Gunakan platform dan aplikasi distribusi konten

3. Menyempurnakan posting media sosial dengan visual yang kuat dan menarik

4. Arahkan ulang konten yang Anda buat dalam berbagai format

5. Investasikan dalam optimasi pencarian

6. Posting saat audiens Anda aktif dan posting lebih dari satu kali

%d bloggers like this: