5 Tips untuk Membuat Pesan Kunci yang Kuat | | SevenAds

Berkomunikasi dengan target audiens kamu tidak selalu merupakan tugas yang mudah, terutama bagi kita yang tidak berpengalaman berbicara dengan media. Untuk memastikan kamu menyampaikan maksud kamu, penting untuk menetapkan pesan-pesan kunci atau key message kamu sebelum komunikasi dengan media atau audiens target kamu. Pesan utama adalah pesan inti yang kamu ingin target audiens kamu dengar dan ingat. 

Key message menciptakan makna dan menjadi judul utama masalah yang ingin kamu diskusikan. Serta memungkinkan kamu untuk mengontrol komunikasi, meningkatkan hubungan dengan target audiens kamu dan merupakan fitur penting dari kampanye PR. 

1. Hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis key message

Dalam penulisan key message beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah:

  • Pastikan pesan inti kamu didukung oleh bukti, 
  • Buat bahasa kamu ringkas, profesional, dan langsung ke sasaran, 
  • Bersikaplah positif dan gunakan bahasa aktif, 
  • Pastikan pesan kamu mewakili agenda kamu dengan tepat. 

2. Buat sesederhana mungkin

Ingat pesan utama kamu harus singkat dan spesifik. Pastikan kamu menyusun pesan inti terpenting yang ingin kamu gambarkan dan tulis dengan sederhana tetapi cukup menarik untuk memprovokasi ataupun mempersuasi pembaca kamu

Baca Juga: 10 Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol
Baca Juga: 4 Cara Membangun Brand Image Agar Lebih Dikenal Publik

3. Pesan bertarget 

Pertimbangkan target audiens kamu. Apa yang mereka butuhkan dan ingin mereka dengar dari kamu? Apakah kamu memiliki banyak target audiens? Jika demikian, pastikan kamu menyesuaikan pesan target kamu dengan masing-masing grup. 

4. Komunikasi harus terkontrol 

Seringkali, apa yang kita katakan tidak selalu ditafsirkan atau didengar oleh penerima dengan cara yang sama atau kadang terjadi kesalahpahaman. Mempengaruhi persepsi orang lain bukanlah tugas yang mudah. Namun, mengembangkan pesan utama yang jelas, ringkas, jujur, dan positif membuat kamu dapat mengontrol informasi yang ‘di luar sana’ dan memungkinkan kamu memengaruhi audiens dengan cara yang paling efektif. 

5. Review dan Evaluasi

Selalu perhatikan bahwa pesan utama kamu tidak statis. Semuanya berubah seiring waktu sehingga meninjau pesan utama kamu secara teratur sangat penting untuk memastikan pesan tersebut masih relevan dan mencerminkan pesan bisnis inti kamu. Jadi saat membuat pesan kunci kamu, pikirkan, apakah itu; relevan, positif, dan konsisten? 

Nah, itu dia 5 tips untuk menulis key message yang efektif sehingga rancangan yang telah di rencanakan dapat berjalan sesuai target yang telah dibuat.

%d bloggers like this: