5 Tips Bersikap Respect dengan Rekan Kerja | SevenAds

Bersikap respect dengan sesama rekan kerja yakni saling menghargai satu sama lain bisa menmbuhkan rasa kesamaan dan persahabatan serta saling mendukung satu sama lain. Ketika masuk kedalam dunia bisnis atau kerja sikap toleransi dan menghargai sangat penting di dalam lingkungan kantor. Kalian akan bertemu dengan sikap orang yang berbeda-beda. terlebih lagi, setiap orang memiliki gaya bekerja dan kepribadian yang berbeda-beda. ada yang sangat percaya diri dalam berbicara depan publik, ada yang suka bekerja lambat namun teliti, ada yang suka bekerja dari pagi hari, dan masih banyak lagi. 

Semua orang pasti ingin dihargai dan dihormati oleh orang orang di sekitarnya, tidak terkecuali di dalam lingkungan kerja. Sikap saling menghargai akan terwujud saat seseorang diperlakukan secara bermartabat dan hormat oleh orang lain. Rasa hormat ini sendiri akan diperlakukan kepada orang jika kalian kagum pada kepribadian seseorang atau kerja keras seseorang. Berikut tips bersikap Respect dengan rekan kerja. 

Mendorong rekan kerja dalam bebas berekspresi pendapat dan ide

Saat seseorang mendorong kita untuk bebas dalam memberikan pendapat yang kita miliki atau menanyakan pendapat kita tentang suatu hal. Tentu saja, secara otomatis kita akan merasa bahwa orang tersebut sangat menghargai kita dengan segala pendapat dan ide yang kita miliki. 

Jangan menghina, menjatuhkan atau meremehkan ide-ide mereka

Demi menciptakan lingkungan kerja yang saling menghargai satu sama lain, maka kita perlu menghindari memanggil nama seseorang dengan panggilan yang buruk, meremehkan, atau bahkan menjatuhkan mereka dengan ide-ide yang mereka miliki. Percayalah, ini bukan ide yang bagus untuk memojokkan seseorang. Tidak akan ada orang yang suka diperlakukan seperti ini. 

Perlakukan semua orang dengan cara yang sama 

Tidak peduli apapun suku, ras, agama, jenis kelamin, ukuran, usia, atau negara asal dari seseorang, kita perlu memperlakukan mereka dengan cara yang sopan dan bersikap bahwa semua orang itu sama, tidak ada yang lebih tinggi martabatnya atau yang lebih rendah dari yang lain.

Hindari menggunakan nada tinggi 

Kebanyakan orang-orang akan merasa tersinggung bukan karena konten yang diucapkan, namun pembawaan yang dibawakan oleh pembicara kepada orang tersebut yang sangat menyakitkan. Contohnya, berbicara dengan nada tinggi, namun konten yang disampaikan sebenarnya tidak sensitif sedikitpun. 

Melakukan Rapat, diskusi, dan acara secara berkala dengan semua rekan kerja

Kita perlu memberi kesempatan yang sama bagi semua karyawan untuk berpartisipasi dalam komite atau menjadi panitia dari setiap acara yang diadakan kantor. Tujuannya, selain memberikan mereka pengalaman baru yang bermakna, ini juga membuat mereka yakin bahwa atasan mereka sangat mempercayai pekerjaan itu kepada mereka, sehingga karyawan akan merasa bahwa “bukan hanya dia, namun saya juga mampu untuk melakukannya”.

Hal diatas dapat di praktekan ditempat kerja untuk menumbuhkan rasa saling respect dengan sesama di tempat kerja, Apakah kalian sudah melakukannya? 

%d bloggers like this: