5 Psychological Pricing yang Bisa Kamu Terapkan di Bisnis mu | SevenAds

Marketing dan ilmu psikologi sebenarnya merupakan sebuah satu kesatuan. Dalam memasarkan produk atau jasa, kita bisa menerapkan ilmu psikologi di dalamnya dengan memengaruhi pemikiran calon konsumen untuk tertarik membeli produk atau jasa kita. 

Salah satu caranya adalah dengan Psychological Pricing atau membuat harga psikologis yang dapat membuat calon konsumen akhirnya memutuskan untuk membeli. Berikut adalah 5 Psychological Pricing yang Bisa Kamu Terapkan di Bisnis mu

Perbedaan Harga Secara Jelas 

Strategi ini bisa djalankan dengan cara mencoret atau memberi tanda silang di harga lama dan menyorot harga baru yang ditawarkan. Cara ini bisa membuat calon konsumen secara langsung tertarik dan menghampiri store kita bahkan memutuskan untuk membeli.

Charm Pricing

Charm Pricing adalah strategi dalam menentukan harga psikologis yang melibatkan angka “9”, “99”, atau “999”. Contohnya Rp 89.999. Dengan membuat harga yang tidak bulat atau membuat harga di belakang nya 999 tanpa disadari dapat membuat calon konsumen tertarik merasa bahwa harga tersebut lebih murah.

Prestige Pricing

Jika Charm Pricing adalah strategi membuat harga jual terlihat lebih murah, maka prestige charming adalah sebaliknya yaitu membuat harga jual terlihat lebih bulat, mahal, berkelas dan bergengsi. Contohnya seeperti butik-butik gaun pengantin dengan desainer baju ternama yang menawarkan harga mahal sehingga meyakinkan calon konsumen bahwa harga yang mahal ini memiliki gengsi dan nilai yang tinggi.

Buy 1 Get 1

Beli satu gratis satu adalah trik yang sering digunakan untuk menarik calon konsumen. Trik ini seolah memaksa calon konsumen untuk membeli produk yang satu padahal mungkin dia tidak memikirkan sebelumnya bahwa dia akaan membeli produk tersebut. 

Comparative Pricing

Comparative pricing dapat dilakukan dengan cara menunjukkan dua produk subtitusi atau produk yang memiliki kesamaan karakteristik dan kegunaan. Contohnya seperti di restoran cepat saji, perbandingan makanan satuan dengan paket ditunjukkan agar calon konsumen bisa melihat bahwa lebih murah dan untung membeli makanan secara paket. Atau contoh lain adalah perbandingan harga kaos dan dress. Dengan menambah sedikit harga, maka calon konsumen sudah bisa mendapatkan dress

Setelah mengetahui macam-macam psychological pricing di atas, kamu bisa mulai mencoba untuk bisnis mu dengan cara membuat variasi seperti bulan ini kamu menggunakan strategi buy 1 get 1 lalu di bulan berikutnya strategi memperlihatkan perbedaan harga secara jelas.

%d bloggers like this: