5 Dasar Branding Yang Perlu Kamu Ketahui | | SevenAds

Branding adalah salah satu aspek terpenting dalam usaha seseorang dalam membangun suatu bisnis baru, mau itu bisnis yang besar, ataupun kecil. Di aspek ini, bisnismu diharuskan menunjukan karakter dari bisnismu, apa saja kelebihanmu dan apa yang membedakanmu dengan kompetitormu.

Simpelnya, branding adalah langkah kamu menunjukan siapa dirimu dan ingin seperti apa bisnismu dilihat masyarakat, apakah produkmu memiliki harga yang mahal atau murah, apakah bisnismu lebih ditujukan kepada anak muda atau orang tua, semuanya dibangun di aspek branding ini.

Mendefinisikan merek Anda seperti perjalanan penemuan diri bisnis. Ini bisa jadi sulit, memakan waktu dan tidak nyaman. Setidaknya, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

  • Apa misi perusahaan Anda?
  • Apa manfaat dan fitur produk atau layanan Anda?
  • Apa pendapat pelanggan dan prospek tentang perusahaan Anda
  • Kualitas apa yang Anda ingin mereka kaitkan dengan perusahaan Anda

Lakukan riset Anda. Pelajari kebutuhan, kebiasaan dan keinginan pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan. Dan jangan bergantung pada apa yang Anda pikirkan. Ketahuilah apa yang mereka pikirkan.

Personal Branding: More Than an Elevator Speech - Business 2 Community

Setelah Anda mendefinisikan merek Anda, bagaimana Anda menyampaikannya? Berikut beberapa tips sederhana yang telah teruji oleh waktu:

  1. Dapatkan logo yang bagus. Tempatkan di mana-mana.
  2. Tuliskan pesan merek Anda. Apa pesan utama yang ingin Anda komunikasikan tentang merek Anda? Setiap karyawan harus menyadari atribut merek Anda.
  3. Integrasikan merek Anda. Pencitraan merek meluas ke setiap aspek bisnis Anda – cara Anda menjawab telepon, apa yang Anda atau tenaga penjualan Anda kenakan pada panggilan penjualan, tanda tangan email Anda, semuanya.
  4. Ciptakan sebuah “suara” untuk perusahaan Anda yang mencerminkan merek Anda. Suara ini harus diterapkan pada semua komunikasi tertulis dan digabungkan dalam citra visual semua materi, online dan offline. Apakah merek Anda ramah? Bersikaplah komunikatif.
  5. Kembangkan tagline. Tulis pernyataan yang mudah diingat, bermakna, dan ringkas yang menangkap esensi merek Anda.
  6. Rancang template dan buat standar merek untuk materi pemasaran Anda. Gunakan skema warna yang sama, penempatan logo, tampilan dan nuansa keseluruhan. Anda tidak perlu menjadi mewah, cukup konsisten.
  7. Jujurlah pada merek Anda. Pelanggan tidak akan kembali kepada Anda – atau merujuk Anda ke orang lain – jika Anda tidak memenuhi janji merek Anda.
  8. Bersikaplah konsisten. Saya menempatkan poin ini terakhir hanya karena ini melibatkan semua hal di atas dan merupakan tip terpenting yang dapat saya berikan kepada Anda. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, upaya Anda untuk membangun merek akan gagal.

%d bloggers like this: