4 Cara Membangun Brand Image Agar Lebih Dikenal Publik | SevenAds

Brand ibaratkan seperti sebuah nilai yang melekat yang akan terus diingat. Misalnya, saat kalian ingin membeli air mineral. Apa yang akan kalian tanyakan pertama kali? Mungkin sebagian besar akan bertanya ke pengelola toko dengan kata, “Ada Aqua?” Nah, brand Aqua ini sukses membangun image-nya untuk merajai percaturan bisnis air mineral di tanah air. Sehingga, merk apapun yang kalian beli, kalian akan tetap merujuk pada Aqua.

Membangun Brand image menjadi sebuah fondasi yang sangat penting agar bisnis kalian tetap bisa bertahan di dalam lingkungan persaingan bisnis. Brand image yang kalian buat merupakan gambaran dari citra positif perusahaan. Berikut ini harus kalian penuhi saat anda ingin mengembangkan Brand image anda. 

Identifikasi Target Pelanggan Anda

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi target konsumen. Kalian bisa menentukan target konsumen berdasarkan umur, behaviour, lokasi geografis, dan budaya sesuai dengan kebutuhan pemasaran kalian. Penting untuk menentukan target pelanggan kalian secara spesifik.

Kalian perlu mengetahui kelompok-kelompok pelanggan yang kalian  targetkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Sehingga kalian bisa menyediakan langsung kebutuhan dan menjawab segala permasalah pelanggan.

Menentukan Tujuan Bisnis

Hal yang harus di rencanakan untuk mendapatkan tujuan yang akan dicapai. Membangun Brand Image tanpa mengetahui tujuan bisnis, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang, kalian menyebabkan ketidakefektifan usaha pemasaran dan berpotensi mengakibatkan pemborosan sumber daya.

Tentukan Brand Persona

Setelah menentukan target pelanggan dan tujuan akhir bisnis, Kalian dapat mulai membangun persona merek kalian. Persona ini yang akan membentuk citra atau Image dari brand kalian.

Persona yang kalian ciptakan harus bisa menarik perhatian pelanggan dan mengartikulasikan pembeda produk kalian dengan produk milik kompetitor. Karena persona merek kalian mendefinisikan Brand Image kalian, penting untuk membuatnya tetap sederhana dan relevan dengan target pelanggan dan tujuan bisnis kalian. 

Kembangkan Pesan Utama Pemasaran

Setelah kalian mendefinisikan persona brand, dokumentasikan dan informasikan pesan utama pemasaran serta sesuaikan dengan target pelanggan Anda. Pesan-pesan utama pemasaran kalian akan menjadi hal yang paling penting agar pelanggan atau calon pelanggan kalian berminat untuk mengenal dan membeli brand bisnis.

Pesan tersebut harus menggabungkan aspek-aspek unik dari brand, nilai tambah yang melebihi ekspektasi pelanggan, dan sentuhan pribadi (personality) kalian sebagai pemilik bisnis kepada pelanggan.

Setelah menggali dan meletakkan fondasi untuk citra merek kalian melalui persyaratan-persyaratan di atas, kalian dapat meningkatkan aktivitas promosi Anda untuk menjaring lebih banyak pelanggan.

%d bloggers like this: